Jackie-Valencia

Gudang koleksi software, theme, dan berbagai tips hack&mod untuk Samsung Windows Mobile: Samsung Jackie (OmniaPro GT-B7320) dan Samsung Valencia (Samsung GT-C6625)

Soft Reset dan Hard Reset

Posted by abie1102 Monday, June 7, 2010

Soft Reset

Ketika handset windows mobile mengalami lambat, hang atau error, kadangkala perlu dilakukan Soft Reset. Proses Soft Reset ini menyerupai proses Restart/Reboot komputer, yaitu membersihkan semua memori program yang aktif atau menutupnya. Soft Reset juga dilakukan setelah menginstal sofware.

Melakukan Soft Reset
Cara 1: Matikan handset dan nyalakan seperti biasa.
Cara 2: Matikan handset, lepaskan baterai dan biarkan beberapa detik. Kemudian pasang kembali dan nyalakan handset seperti biasa.

Hard Reset

Hard Reset adalah proses membersihkan media penyimpanan pada handset dan kartu memori (optional pada B7320) dan mengembalikan setting pada defaultnya (factory setting). Artinya, apabila kita melakukan hard reset maka kita mengembalikan setting handset sama ketika kita membelinya pertama kali. Software yang telah terinstal juga akan terhapus dengan proses ini.

Melakukan Hard Reset
Cara 1: Saat handset menyala (on).
Masuk ke menu Start/Setting/Security, pilih Master Reset atau Master Clear* (tidak terdapat opsi ini pada Samsung c6625). Masukkan security password** bila diminta. Biarkan proses hingga handset melakukan restart sendiri.

Cara2: Saat handset mati (off)
-untuk samsung jackie:
Tahan keypad '5', nyalakan handset. Akan muncul opsi format. Pilih opsi 1 (master clear) atau opsi 2 (master reset). Tekan keypad 'Y' untuk konfirmasi. Masukkan security password bila diminta. biarkan proses hingga handset melakukan restart sendiri.
-untuk samsung valencia:
tahan d-pad 'atas', nyalakan handset. Masukkan security password bila diminta. biarkan proses hingga handset melakukan restart sendiri.



*) Fungsi Master Reset adalah mereset handset kembali ke setting pabrik. Sedangkan Master Clear berfungsi mereset handset sekaligus memformat media penyimpanan pengguna.Opsi ini hanya ada pada Samsung B7320, sedangkan pada Samsung C6625 tidak ada.
**)  Default password adalah '0000'. Jika tidak diketahui periksa buku manual atau tanyakan pada service center terdekat.

14 comments

  1. Ariya Says:
  2. HP Saya Samsung B7320 tidak bisa jalan Media Playernya, phone book hilang isinya, lalu ring tone tidak ada saya lalu lakukan hard reset, dan kembalilah Samsung saya seperti baru beli.

     
  3. Anonymous Says:
  4. Samsung B7320 punya saya juga seperti itu. Kira2 kenapa ya penyebabnya?
    Padahal tidak ada perubahan setting.

     
  5. Unknown Says:
  6. thank a lot mobipress,hampir saja ane stress gra2 install sofware trus hape alencia ane ngeblank,sekarang sudah sembuh setelah ane baca thread ini.............

     
  7. Anonymous Says:
  8. saya menggunakan si valen, klo kita mau uo grade ke window mobile 6.5 bisa ngga? dan gimana caranya. satu lagi klo kita mau instal program bagaimana caranya???
    thx sebelumnya

     
  9. Anonymous Says:
  10. Samsung B7320 saya nggak bisa buka windows media dan tidak ada suara-nya waktu telepon masuk. Juga waktu pake alarm.
    Sekarang sudah bisa lagi setelah hard reset.
    THX.

     
  11. Beni Says:
  12. Saya pengguna samsung bt7320,
    saya mw tanya, knpa hp saya gak mw hdup lg stelah mati total gara2 batere hbis..
    Di charge pun 2 jam gak mw hidup, lampu lednya menyala, cman gak mw di on kan..
    Tlong slusinya...
    Thanks

     
  13. bagi agan yg mau info tetntang valen, masuk d lounge kaskus / fb...

    serch menggunakan lounge valencia
    FB: valencia vuzzo / Lounge Samsung GT-C6625

     
  14. Anonymous Says:
  15. ane pake b7320 tombol power tiba-tiba tidak bisa dipakai untuk menyalakan / mematikan HP tapi kl ditekan bisa menyalakan LCD layarnya kira - kira kenapa ya gan? mohon pencerahannya thx

     
  16. Anonymous Says:
  17. gmana ya caranya agar program microsoft office nya kembali lg setelah saya memaka samsung b7320,setelah saya restad kox programnya hilang,mohon petunjuknya

     
  18. Unknown Says:
  19. blog ini sumber insipirasi saya buat hp omnia pro saya. makasih...

     
  20. Anonymous Says:
  21. Thx Gan Info nya

     
  22. adi sutikno Says:
  23. Thanks bgt info.nya... sangat membantu... OmniaPro B7320

     
  24. Unknown Says:
  25. Brow...Minta nomor / pin bbm nya,..
    Q jg punya Omnia pro b7320 tp mati total G bs dihidupin lagi..

     
  26. Unknown Says:
  27. Brow...Minta nomor / pin bbm nya,..
    Q jg punya Omnia pro b7320 tp mati total G bs dihidupin lagi..
    Mohon sarannya kl Ponsel Beni sudah sehat lagi...

     

Post a Comment