Jackie-Valencia

Gudang koleksi software, theme, dan berbagai tips hack&mod untuk Samsung Windows Mobile: Samsung Jackie (OmniaPro GT-B7320) dan Samsung Valencia (Samsung GT-C6625)

Cara meng-install aplikasi di handset

Posted by abie1102 Monday, June 7, 2010

Instalasi

Bagi para pengguna handset windows mobile (winmo), cara menginstal aplikasi adalah pengetahuan dasar yang harus dimiliki. Karena handset winmo akan sangat powerful dan menghasilkan kinerja yang maksimal jika ditanamkan aplikasi-aplikasi tambahan baik itu pengembang microsoft sendiri atau pengembang pihak ketiga.

Jenis jenis format file instalasi aplikasi yang dapat digunakan meliputi file yang berekstensi *cab, *exe, *jar maupun *jad (java based).

*cab file:
File instalasi aplikasi berekstensi *cab merupakan 'self extracting program'. Artinya, dapat dieksekusi (diinstalasi) langsung pada handset. Caranya, pindahkan file instalasi pada memori handset atau kartu memori kemudian pilih menu/install. Biarkan proses hingga selesai. Restart handset.

*exe file:
Berbeda dengan *cab file, *exe file tidak bisa diinstall langsung di handset. Instalasi dilakukan dengan bantuan PC yang telah tersambung dengan handset melalui software Active Sync (OS XP dan Vista) atau Mobile Device Center (OS Vista dan Windows 7). Caranya, setelah handset telah tersambung (status: connected) dengan PC. Jalankan file *exe yang telah tersimpan di PC. Biarkan proses instalasi hingga selesai. Handset akan restart dengan sendirinya.

*jar dan *jad file:
Ini adalah file aplikasi berbasis java. Cara meng-install sama dengan menginstall *cab file. Bedanya, setelah diinstall, shortcut aplikasi berada pada list program di folder 'Java' bergambar secangkir kopi panas.

0 comments

Post a Comment